Dalam kepemimpinannya selama dua periode yaitu dari tahun 2006-2010 dan 2010-2014   Dr. H. Tohidin, Ir,. MP selaku Rektor Universitas Wiralodra Indramayu pada tahun 2010 bersama jajarannya yaitu Pembantu Rektor I Suwardi, M.Pd. Pembantu Rektor II Noerjanah, SE, MM dan Pembantu Rektor III Drs. Murip Yahya, M.Pd (alm) berniat untuk membuka program studi baru sebagai jawaban atas peningkatan kebutuhan dunia pendidikan di level strata 2 (S-2) yang pada saat itu masih belum ada universitas maupun sekolah tinggi di Indramayu yang menyelenggarakan pendidikan strata 2 (S-2), atas hal tersebut maka dibentuklah sebuah panitia yang kompeten di bidangnya dalam upaya pengajuan ijin penyelenggaraan program studi strata 2 (S-2) yang bertugas untuk mengurus segala keperluan untuk pembukaan prodi strata 2 (S-2). Suwardi, M.Pd selaku Pembantu Rektor I (PR I) yang menangani bidang akademik menjadi inisiator untuk pembukaan program studi tersebut.

Program Studi baru ini tidak lepas dari peran Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu yang pada saat itu bupatinya bapak Dr. H. Irianto Ms Syafiuddin.

Setelah melalui tahapan dan proses yang panjang akhirnya pada tanggal 11 bulan agustus tahun 2011 terbitlah ijin pembukaan program pascasarjana manajemen pendidikan sesuai dengan SK Menteri Pendidikan Nasional anb Dirjen Dikti No. 182/E/0/2011. Berdasarkan atas terbitnya SK tersebut maka Dr. H. Tohidin, Ir,. MP  selaku rektor beserta jajarannya mulai melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru baik itu melalui media cetak, elektronik, maupun media lainnya. Penyebaran leaflet ketiap sekolah-sekolah serta pemasangan spanduk-spanduk di lokasi-lokasi strategis jadi strategi dalam upaya merekrut calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan kuliah ke strata 2 (S-2) di Pascasarjana Unwir pada Program Studi Manajemen Pendidikan.

Pada hari selasa tanggal 11 Oktober 2011 awal dimulainya kegiatan pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) yaitu ujian seleksi masuk program pascasarjana Universitas Wiralodra Indramayu pada Program Studi Manajemen Pendidikan dengan calon mahasiswa yang mengikuti TPA sejumlah 20 (dua puluh) orang berasal dari beragam profesi ada guru, kepala sekolah, staf tata usaha, dan lainnya. Adapun pengawas pada saat pelaksanaan Tes Potensi Akademik adalah Suripto, SH. Setelah selasai mengikuti TPA para calon mahasiswa melalui tahapan seleksi berikutnya berupa interview yang di lakukan oleh Dr. H. Tohidin, Ir,. MP selaku Rektor, Suwardi, M.Pd Selaku Pembantu Rektor I (PR I) dan Drs. Murip Yahya, M.Pd (alm) Selaku Pembantu Rektor III (PR III) serta Dr. Nur Aedi, M.Pd seorang profesional dan dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia. Lucas Adidy Dwinanto, SP seorang guru dari SMK Negeri I Bongas Indramayu adalah calon mahasiswa pertama yang mendapat kesempatan wawancara, sedangkan Surahmi, SPd  guru SMP Negeri 2 Sindang Indramayu adalah calon mahasiswa yang memperoleh hasil nilai tertinggi pada sesi interview.

Untuk melakasanakan kegiatan belajar mengajar serta memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa maka dibentuklah susunan awal penanggung jawab pascasarjana yaitu diantaranya Dr. H. Tohidin, Ir,. MP selaku rektor, Suwardi, M.Pd selaku Pembantu Rektor I (PR I) memonitor kegiatan pelaksanaan belajar mengajar dalam bidang akademik, serta Dr. Nur Aedi, M.Pd sebagai Ketua Program Studi, sementara untuk tata usaha yaitu Kepala Tata Usaha Sutinih, SH, Bendahara Dewi Siti Nurjanah, A.Md, Kasubag Akademik Dendi Ristomo, A.Md, Kasubag Umum, Arif Suharno, SE, serta staf pelaksana Suripto, SH.

Sehubungan Manajemen Pendidikan adalah program studi baru maka untuk memonitor serta memperhatikan perkembangannya di bentuklah Tim Evaluasi yang terdiri dari Noerjanah, SE, MM, selaku Pembantu Rektor II (PR II), Drs Murip Yahya, M.Pd (alm) selaku Pembantu Rektor III (PR III) serta Drs. Agus Nasihin, M.Pd selaku KABAAK serta Ir. Wawan Gunawan selaku KABAUK serta Sri Kusumawati, SH selaku bendahara Universitas. Tugas Tim Evaluasi adalah untuk memonitor serta memperhatikan perkembangan Pascasarjana dan juga untuk memantau kegiatan belajar mengajar agar sesuai dengan standar-standar yang telah ditentukan sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, bermutu dan berkualitas.

Sejak bulan april tahun 2014  Pascasarjana Universitas Wiralodra Indramayu di pimpin oleh Dr. H. Tohidin, Ir,. MP sebagai Direktur, dan Ketua Program Studi Dr. Hj. Ipong Dekawati, M.Pd, dan dosen tetapnya yaitu Dr. Dadang Suhendar, M.Pd serta Dr. Badrud Tamam, M.Pd, Dr. Ruhita, MM, MBA  dan untuk Dosen Tamu yaitu  MBA, Dr. Yayat Sudaryat, M.Pd, Dr. Ahmad Sadeli, M.Pd,Dr. H. Odang Kusmayadi, M.Pd, Dr. H. Ali Hasan, M.Pd, Dr. H. Akil, M.Pd, Dr. Marsono, M.Pd, Dr. H. Abdul Tholib, M.Pd, serta dosen tamu lainnya. Untuk tata usaha, Kepala Tata Usahanya yaitu Dewi Siti Nurjanah, A.Md, Bendahara, Nurmey Hermaya, A.Md, Staf Umum Adang Karsono serta Pramu Kantor Suton.

Pascasarjana Universitas Wiralodra Indramayu khususnya Program Studi Manajemen Pendidikan sejak berdirinya tahun 2011 sampai dengan bulan april 2014 sebelum akreditasi telah menerima mahasiswa sebanyak 253 (dua ratus lima puluh dua) orang, sedangkan sejak Mei 2014  setelah akreditasi sampai dengan maret 2017 telah menerima sebanyak 130 (seratus tiga puluh) orang dengan jumlah mahasiswa tidak aktif sejumlah 23 (dua puluh tiga) orang. Jumlah total keseluruhan penerimaan mahasiswa dari oktober 2011 sampai maret 2017 sejumlah 383 (tiga ratus delapan puluh tiga ) orang mahasiswa dengan rincian yang telah lulus menyelesaikan pendidikannya adalah 254 orang sedangkan untuk yang berhenti atau Non Aktif adalah 61 Orang dan mahasiswa aktif berjumlah 68 orang .